Saya setuju tentang “ISD SEBAGAI SALAH SATU MKDU”
karena mata kuliah ISD sebagai tolak ukur prilaku mahasiswa dalam
bersosialisasi dengan memperhatikan etika-etika pergaulan yang benar menurut
ISD.
Dengan kita mempelajari ISD maka dapat
menghasilkan sarjana yang mempunyai seperangakat pengetahuan yang terdiri atas
:
1. Kemampuan akademis : kemampuan berkomunikasi
secara ilmiah, baik secara lisan ataupun tulisan, maupun berfikir logis,
kritis, dan sistematis.
2. Kemampuan professional : kemampuan dalam
bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan.
3. Kemampuan personal : kemampuan kepribadian.
Jadi dengan mempelajari mata kuliah ini maka
mahasiswa menjadi pribadi yang dapat diterima masyarakat luas dengan mudah.
ISD sangat berguna untuk pelajar dan mahsiswa
untuk bekal kita ketika kita mengalami masalah yang rumit yang harus tepat
untuk menyelesaikan permecahan masalah tersebut.Dengan adanya pelajaran ISD
sebagai Mata Kuliah Dasar Umum mahasiwa mampu untuk menerapkannya di lingkungan
luar kampus.Sebagai saya yang mempelajari ISD sebagai MKDU saya mendapatkan
pengalaman yang begitu rumit ketika kita menyelesaikan masalah dengan seorang
tamu ketika waktu saya PKL (Praktek Kerja Lapangan) di suatu hotel ternama di
Jakarta.Sebelum saya mempelajari MKDU saya telah belajar IPS yang hampir mirip
dengan MKDU.IPS ini juga telah membekali
wawasan ketika kita menghadapi suatu masalah dengan kepala dingin tidak terbawa
emosi yang dapat menimbulkan masalah yang baru sehingga kita terfokus untuk
menyelesaikan permasalahan dengan pemecahan masalah tersebut dengan tepat dan
cepat.
Ketika saya kuliah banyak pengalaman juga yang
membuat saya terkejut dengan masalah-masalah yang baru di ruang lingkup
perkuliahan.Seperti berkenalan dengan teman baru,beradaptasi dengan lingkungan
kampus dan beradaptasi dengan orang yang kita tidak kenal,sistem pelajaran yang
baru dan bagaimana saya dapat mengatur waktu saya dengan tepat sehingga saya
bisa menyelesaikan masalah-masalah saya dengan baik.
Pertama-tama saya memberanikan diri berkenalan
dengan teman samping bangku saya,lalu saya memberanikan diri untuk berkenalan
dengan lainnya.saya juga beradaptasi
dengan lingkungan kampus saya yang di SMA hanya muridnya sedikit dan di
perkuliahan muridnya saya banyak.Dan
sistem pelajaran yang di berikan yaitu dosen memberikan tugas setiap hari sehingga
saya harus mengatur strategidan mengubah sistem belajar saya untuk dapat
menyelesaikan tugas dengan tepat waktu.Diperkuliahan juga kita harus aktif
dalam bertanya sehingga kita tidak tertinggal pelajaran dan informasi dari
kampus atau tidak salah mengerjakan tugas dan mendapatkan informasi yang salah
juga.
Diperkuliahan sistem yang digunakan adalah sistem
aktif dan kemandirian.Aktif dimana kita
bertanya dan kemandirian yaitu dengan kita mencari informasi sendiri bukan yang
diberikan kertas selebaran pengumuman seperti halnya kita di SMA,yang muridnya
mengandalkan guru untuk membimbing kita.
Pelajaran ISD ini mengembangkan mahasiswa untuk
mempunyai kepribadian yang baik dan tertata sehingga kita bermanfaat bagi
masyarakat di luar kampus atau di ruang lingkup kampus.Tujuannya untuk
mahasiswa mampu mempunyai kepekaan masalah yang timbul di masyarakat dan untuk
memecahkan masalah tersebut dengan cepat.Mengembagkan pola pikir mahasiswa agar
dapat berpkikir dengan logis yang tidak menggunakan emosi.
Kita juga diajarkan kemampuan untuk meningkatkan
potensi kita dalam mempelajari ISD sebagai MKDU yaitu kemampuan yang terbagi
menjadi tiga yaitu salah satunya kemampuan akademis yaitu meningkatkan pola
pikir kita untuk dapat berpikir logis untuk memecahkan masalah yang alternative
sehingga masalah tersebut dapat dipecahkan dengan cepat.Lalu kemampuan bidang profesi yaitu
dimana kita diajakarkan untuk meningkatkan bidang profesi kita yang kita jalani
agar kita dapat mengetahui pengetahuan dan keahlian dalam bidang profesi kita tersebut.Dan yang ketiga adalah
Kemampuan personal yaitu kemampuan dimana kita
meningkatkan potensi kita dalam hal menyelesaikan suatu masalah dengan pola
pikir yang logis ,srta tingkah laku yang menunjukan kepribadian diri kita
masing-masing yang ditunjukan ke masyarakat agar kita dapat membantu
persoalan-persoalan yang ada di lingkungan masyarakat.
Dan dalam hal ini kita dapat menyimpulkan bahwa
pelajaran ISD ini sangat penting untuk mahasiswa yang sedan mengembangkan
wawasan dan menggemabangkan pribadi yang baik,yang dapat membantu masyarakat.Bukan hanya mahasiswa yang pasif
yang hanya belajar di kelas dan tidak meningkatkan potensinya untuk memiliki
kepekaan terhadap masalah-masalah sosial .
Manusia merupakan makhluk sosial yang tidapat
dapat hidup sendiri melainkan bergantung satu sama lainnya.Maka manusia tersebut mempunyai
karakter yang berbeda-beda mempunyai pola pikir yang berbeda-beda,emosional
yang berbeda-beda maka hal tersebut mahasiswa harus dibekali dengan mata kuliah
ISD sebagai bekal kita untuk dapat bermasyarakat dengan baik.Masalah sosial
dapat timbul karena manusia berbeda pendapat.
Saran saya harusnya setiap pendidikan negeri atau
pendidikan swasta harus ada mata kuliah ISD. karena ISD sebagai patokan
mahsiswa untuk belajar berinteraksi dengan masyarakat sosial.yang nantinya tidak terkejut dalam hal
menyelesaikan masalah lingkungan kerja kalau kita sudah bekerja nanti.Harus cekatan dalam mengahadapi masalah
sehingga kita tidak dapat tertipu oleh orange-orang yang akan membuat kita
jatuh.

0 komentar:
Posting Komentar